Bahasa Pemrograman Komputer

Salam pencerahan…
Dalam postingan saya kali ini, saya akan sedikit berbagi mengenai penjelasan tenatang bahasa pemrograman dan fungsinya..

Apa pentingnya bahasa pemrograman dalam sistem komputer???

Agar manusia dapat berkomunikasi dengan komputer maka dibutuhkan suatu bahasa komunikasi yaitu bahasa komputer. Dengan bahasa ini komputer dapat memahami dan mengerti perintah-perintah yang kita berikan kepadanya.

Sebenarnya, komputer tidak mengerti perintah-perintah yang kita tulis menggunakan bahasa tertentu. Namun di dalam komputer tersebut terdapat penterjemah bahasa yang kita gunakan menjadi bahasa yang dimengerti oleh komputer yaitu compiler atau interpreter, keduanya merupakan suatu program. Perbedaannya antara keduanya adalah sebagai berikut:

  • Compiler menerjemahkan kode sumber menjadi objek bahasa mesin dalam bentuk file objek, kemudian di-link dengan pustaka-pustaka lain yang berhubungan dengan kode sumber agar dapat dijalankan pada setiap sistem operasi
  • Interpreter menerjemahkan kode sumber per baris demi baris dan langsung di eksekusi tanpa menjadikannya dalam bentuk file objek

Jenis bahasa pemrograman komputer dibagi menjadi dua bagian yaitu bahasa tingkat rendah (yang agak sulit dimengerti bagi orang awam) dan bahasa tingkat tinggi (yang dapat di mengerti oleh manusia).

Bahasa Pemrograman Tingkat Rendah

Bahasa ini dibagi menjadi dua macam, yaitu Bahasa Mesin dan Bahasa Rakitan. Dalam Bahasa Mesin semua perintah disandikan dengan deretan-deretan bit (binary digit) yang hanya mempunyai nilai digit 1 atau 0. Sedangkan dalam Bahasa Rakitan, perintah-perintah tersebut bisa digantikan dengan kode sandi yang bisa dipahami oleh manusia yaitu mnemonic code, Setiap mikroprosesor, mempunyai mnemonic code yang berlainan.

Bahasa Pemrograman Tingkat Tinggi
Bahasa pemrograman ini merupakan bahasa komputer yang mudah dipahami karena menggunakan bahasa percakapaan manusia sehari-hari. Diantaranya adalah.

Ada : Diambil dari nama Augusta Ada Bryton, bangsawan dari Loveland, puteri Lord Byron; bahasa ini dikembangkan sekitar tahun 1974 dan 1980 untuk Departemen Pertahanan Amerika Serikat.

ALGOL : ALGOrithmic Language (Bahasa Algoritma)

APL : A Programming Language

BASIC : Beginner’s All Purpose Symbolic Intsruction Code. Bahasa ini dikembangkan oleh John Kemeny dan Thomas Kutrz, digunakan untuk memberi kuliah mahasiswa di Dartmouth College tentang bagaimana menggunakan komputer.

C : Dikembangkan oleh Bell Laboratories pada tahun 1970, bahasa ini sangat powerfull dan sering digunakan untuk membuat program Sistem Operasi contohnya MS-DOS, LINUX, UNIX serta program aplikasi DBASE, AUTOCAD dan game-game yang banyak kita jumpai. Ada yang mengatakan bahasa ini merupakan bahasa tingkat menengah karena sintaks bahasanya mirip bahasa tingkat tinggi dan kemampuanya bahasa tingkat rendah.

COBOL : Common Business-Oriented Language. Bahasa ini dikembangkan di Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1960

FORTRAN : Formula Translation, dikembangkan sekitar tahun 1956.

LISP : List Processor

Pascal : Diambil dari nama seorang sarjana Perancis Blaise Pascal. Pertama kali dikembangkan oleh Niklauss Wirth, seorang ahli ilmu komputer dari Swiss, pada tahun 1970.

PL/I : Programing Langugae I, dikembangkan oleh IBM pada tahun 1964

PROLOG : Programming Logig, bahasa yang digunakan untuk menyusun Expert System

RPG : Report Program Generator

SNOBOL : String Oriented Symbolic Language

Dan masih banyak lagi bahasa pemrograman lainnya….

Referensi : DhrMuiz. 2007. Pemrograman Pascal

0 komentar:

Post a Comment