Membuat Aplikasi Portable Dengan Winrar

Aplikasi portable merupakan sebuah kebutuhan dalam teknologi yang cukup efisien guna menghemat space dalam harddisk, dan kerepotan untuk menginstal sebuah software atau aplikasi pada PC/Laptop. Dalam tutorial ini akan dijelaskan mengenai jenis aplikasi portable dan cara membuatnya dengan Winrar.
 
Aplikasi portabel (bahasa Inggris: portable application) adalah sebuah perangkat lunak komputer yang dapat dibawa dalam peralatan portabel (contohnya: USB flash drive) dan dapat digunakan di setiap komputer tanpa perlu melalui proses instalasi terlebih dahulu. Ketika peratalan portable dihubungkan dengan komputer, aplikasi portabel tersebut dapat langsung digunakan. Keuntungan dari perangkat lunak jenis ini adalah Anda dapat membawa data beserta program yang dibutuhkan untuk membukanya ke mana saja untuk dapat dibuka di komputer manapun. Karena data disimpan di peralatan portabel, maka keamanan data tersebut juga diuntungkan karena tidak tersimpan di dalam komputer tertentu.
Sebagai contoh, dalam tutorial akan dibuatkan aplikasi IDM (Internet Download Manager), untuk itu ikutilah langkah – langkah berikut :
  • Pastikan aplikasi winrar pada PC/Laptop anda.
  • Buka folder instalasi program yang akan di-portable-kan yang secara default berada pada directory C:/Program Files/Internet Downolad Manager.
  • Kemudian pilih semua (Select All) file yang ada dalam folder instalasi Internt Download Manager tersebut.
  • Kemudian Klik kanan dan pilih menu winrar Add to archive
  • Centang opsi Create SFX archive & Create solid archive



  • Pindah ke tab Advanced dan Klik SFX options.. Kemudian pilih tab Text and Icon. Dan isikan title sesuai keinginan anda dan isikan teks berikut pada Text to display in SFX Windows :
Setup=IDMan.exe
TempMode 
Silent=1 
Overwrite=1
  • Setup diisi sesuai nama file exe dari aplikasi yang akan diportablekan, karena dalam tutorial ini kita akan meng-portable-kan IDM maka setup diisi dengan IDMan.exe yang merupakan nama file exe aplikasi dari Internet Download Manager. Dan isikan juga icon sesuai keinginan anda.
  • Kemudian klik OK, dan software portable anda siap digunakan tanpa perlu instalasi.
Selamat Mencoba..!!! (worship)-(wave_okok)
NB : Tidak semua software atau aplikasi bisa untuk di-portable-kan
 
Referensi : id.wikipedia.org

0 komentar:

Post a Comment