Mengenal Bahasa Pemrograman C# (Csharp)

Salam,,!!

 
Pada postingan kali ini, saya akan sedikit menjelaskan mengenai bahasa pemrograman C# (dibaca : see-sharp),, bahasa C# sendiri merupakan bahasa pemrograman yang merupakan pengembangan dari C++ (kata orang, 'Java juga'). Bahasa pemrograman ini, lebih akrab disebut 'HIU' (oleh saya,dkk), kenapa??? Awalnya dari seorang teman (programmer Phyton), alasan bahwa C# itu 'powerfull', 'agresif', 'sangar', pokoknya OK, dan berhubung lidah teman saya itu agak sedikit 'telol'-telor maksud saya, jadinya kalau dia nyebut kata 'see sharp' kedengaranya malah 'see shark' (lidahnya udah dipaksaain).. jadi deh sering-sering disebut 'hiu' (shark : Hiu).. lantas munculnya istilah baru kalau kita pengen 'bercumbu' dengan C#,
"Heyy,,, tolong, aku melihat hiu"
"Yukk, Mari Lihhat Hiu"..!!
"I Love U C#, I Love U HIU,,," bwahahaha,,

Ok..! sebelumnya utk pembaca ketahui, bahwa berhubung saya sendiri masih "newbie" (baru jatuh cinta dengan C#), maka dalam postingan saya kali ini saya hanya akan membahas mengenai 'anu-nya' C# itu sendiri, belum mengenai koding - kodingan..It's Just Introducing

Apa C# (csharp) ?? (makanan ringan yach..!, just kiddin')

C# (Csharp) merupakan salah satu bahasa pemrograman yang menganut paradigma OOP (object oriented programming), yang dikembangkan oleh Microsoft (om bill gates, dkk) dalam proyek besar .NET Framework. C# dibuat berdasarkan bahasa pemrograman sebelumnya yakni C++, serta dipengaruhi oleh bahasa pemrograman lainnya seperti Java, Delphi, Visual Basic. Menurut  ECMA-334 C# Language Specification, Nama C# sendiri terdiri dari sebuah huruf latin C (U+0043) dan kemudian diikuti dengan angka yang menandakan tanda # (U+0023).

C# diciptakan atas latar belakang sebuah permasalahan pada 1990 mengenai pembuatan J++ (penerapan Java pada SO Windows dengan platform COM-Component Object Model). masalah tersebut tidak lain merupakan permasalahan hak cipta JAVA yang dipegang oleh Sun Microsystems. karena permasalahan itu, maka Microsoft  pun menghentikan proyek J++ tersebut dan beralih proyek J++ untuk membuat sebuah bahasa pemrograman yang 'general-purpose' (C#). Dalam Proyek ini, Microsoft pun merekrut Andreas Helsberg (mantan karyawan Borland, yang membuat Turbo Pascal, Borland Delphi, serta Windows Foundation Classes (WFC) yang rencannya akan digunakan di dalam J++) untuk menangani proyek tersebut.
Dan akhirnya C# pun pertama kali diperkenalkan pada bulan Juli 2000 sebagai sebuah bahasa pemrograman modern berorientasi objek yang menjadi sebuah bahasa pemrograman utama di dalam pengembangan di dalam platform Microsoft .NET Framework.

Agar mampu mempromosikan penggunaan besar-besaran dari bahasa C#, Microsoft, dengan dukungan dari Intel Corporation dan Hewlett-Packard, mencoba mengajukan standardisasi terhadap bahasa C#. Akhirnya, pada bulan Desember 2001, standar pertama pun diterima oleh European Computer Manufacturers Association atau Ecma International (ECMA), dengan nomor standar ECMA-334. Pada Desember 2002, standar kedua pun diadopsi oleh ECMA, dan tiga bulan kemudian diterima oleh International Organization for Standardization (ISO), dengan nomor standar ISO/IEC 23270:2006.

Mungkin cukup sekian dulu perkenalan kita dengan sang 'HIU'. apabila ada yang salah dalam postingan ini mohon diluruskan.. Dan untuk perkenalan lain seperti .NET Framework, OOP pada C# dan koding - kodingnya Insya Allah akan saya posting seiring dengan apa yang saya dapat dan saya pahami..

Thanks to : id.wikipedia.org, My Friends (Akbar Mukhtar, JimmyRomanticDevil, Ahmad Asto), DCC (Dipanegara Computer Club), ART LOGIC', dan kamus Google (lol)..


"my best teacher is sharing, so keep sharing to *orang laing*(rofl), wkwkkw"


0 komentar:

Post a Comment